cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalp4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
Jurnalp4i@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayani, Kel. Leneng, kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah (JIPM)
ISSN : 27748022     EISSN : 27745791     DOI : -
Core Subject : Education,
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah (JIPM) terbit 4 (Empat) kali setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam smua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan Menengah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023)" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH ALIYAH MELALUI K3M MA KABUPATEN MALUKU TENGAH HARMAN MUH. ALI
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2204

Abstract

The goal of this study was to see if the Central Maluku District MA could increase the managerial competency of the Madrasah Aliyah head through K3M activities. Meanwhile, the method used in this study is a qualitative research method, which is a research procedure that generates descriptive data from people and observed behavior in the form of written or spoken words. While descriptive research is commonly used by researchers. Whereas the descriptive approach only describes occurrences of phenomena, symptoms, events, and incidents. The research results show that; the existence of K3M MA in Central Maluku Regency can be used as a forum for increasing the managerial competence of madrasa heads. This can be seen from the various programs and activities contained in the K3M MA profile of Central Maluku Regency, which can be seen from its program of activities, namely being a gathering place for madrasa heads, increasing the number of students enrolling in tsanawiyah madrasas from year to year, increasing teacher and student activities, increasing the mobility of educational information and becoming a forum for the ministry of religion in conveying madrasah information. Therefore, the role of the Madrasa Head Working Group (KKM) is very much needed in sharing programs between madrasas, preparing programs and evaluations as well as a means of fostering and developing the professionalism of madrasa heads on an ongoing basis. ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui kegiatan K3M MA Kabupaten Maluku Tengah dapat meningkatkan kompetensi manajerial kepala Madrasah Aliyah. Sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah, metode penelitian kualitatif, prosedur penelitian yang menghsilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai oleh penenlti adalah jenis deskriptif. Dimana pendekatan deskritif hanya mendiskripsikan fenoma, gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; keberadaan K3M MA Kabupaten Maluku Tengah dapat dijadikan sebagai salah satu wadah dalam meningkatkan kompetensi manajerial kepala madrasah. Hal ini dapat dilihat dari berbagai program dan kegiatan yang tertuang dalam frofil K3M MA Kabupatena Maluku Tengah dapat dilihat dari program kegiatannya yakni menjadi wadah silaturahmi bagi kepala madrasah, meningktanya jumlah peserta didik yang masuk ke madrasah Aliyah dari tahun ke tahun, meningktanya kegiatan guru dan siswa, meningktanya mobilitas informasi pendidikan dan menjadi wadah bagi kementerian agama dalam menyampaikan informasi madrasah. Oleh karena itu, peranan Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) sangat dibutuhkan dalam sharing program antar madrasah, penyusunan progran dan evalusi serta sebagai sarana pembinaan dan pengembangan profesionalisme kepala madrasah secara berkesinambungan.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DEWANTO KAMAS UTOMO
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2205

Abstract

This study aims to develop a physics teaching material based on High Order Thinking Skills (HOTS) on dynamic electricity. This study uses the ADDIE development model. The instruments in this study used questionnaires and tests. The results of the development of teaching materials show an average value for material validation results of 87.50% (decent category) and for media validation results of 89.82% (decent category). The results of the implementation of teaching materials show an n-gain value of 0.73 (high). The validation results and implementation results are supported by response data from physics teachers with a percentage of 88.33% (very good category) and response data from students with a percentage of 90.60% (very good category). Therefore, the results of the development of physics teaching materials are decent to be used as alternative teaching materials that can optimize higher order thinking skills (HOTS). ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar fisika berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan instrumen test. Hasil pengembangan bahan ajar menunjukkan nilai rata – rata untuk hasil validasi materi 87,50% (kategori sangat layak) dan untuk hasil validasi media 89,82% (kategori sangat layak). Hasil implementasi bahan ajar menunjukkan nilai n-gain sebesar 0,73 (tinggi). Hasil validasi dan hasil implementasi ini didukung oleh data tanggapan dari guru fisika dengan hasil persentase 88,33% (kategori sangat baik) dan data tanggapan dari peserta didik dengan hasil persentasi 90,60% (kategori sangat baik). Oleh karena itu, hasil pengembangan bahan ajar fisika ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PURI KURNIASIH
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2206

Abstract

This research was motivated by the low learning outcomes of students as seen from the average score of science semester 1 in class VII, which was 53.5. Therefore, researchers provide learning alternatives with the Guided Inquiry learning model aimed at improving student learning outcomes. The form of research carried out is class action research (PTK) with 2 cycles. This research was conducted at SMPN 1 Pariaman with 28 students in grade VII.3, consisting of 16 female students and 12 male students. Data collection in this study was carried out by giving tests to students given at the end of each cycle. Based on research conducted, it shows that the application of the Guided Inquiry learning model can improve student learning outcomes as evidenced by an increase in student learning outcomes from Cycle I to cycle II by 28.7% and classical learning completeness also increased from 57% to 85.7% with an average final grade from 70 to 85. The results of this study show that the application of the Guided Inquiry learning model can improve the learning outcomes of grade VII.3 students of SMPN 1 Pariaman. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat dari nilai rata-rata IPA semester 1 di kelas VII yaitu 53,5. Oleh karena itu, peneliti memberikan alternatif pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Pariaman dengan subyek siswa kelas VII.3 sebanyak 28 siswa, terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemberian tes kepada siswa yang diberikan ditiap akhir siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari Siklus I ke siklus II sebesar 28,7% dan ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat dari 57% menjadi 85,7% dengan rata-rata nilai akhir dari 70 menjadi 85. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.3 SMPN 1 Pariaman.
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE ARIS KURNIAWAN
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2207

Abstract

This study aims to determine the effect of the process skills approach to student learning outcomes in the subject matter of elasticity and Hooke's law. This study uses a descriptive method, which is a study that is used to systematically describe the facts or characteristics of a particular population or a particular field, in this field carefully. The population in this study were all XI IPA classes in semester 1 of SMAN 1 Balai Riam for the 2022/2023 academic year, which consisted of 2 (two) classes with a total of 45 students. The sample taken in this study was 1 class, namely class XI IPA-2 with a total of 24 students. The process skills of students in cooperative learning on average show good results in every aspect of skills. The percentage of student process skill achievement in that class in each aspect was 88.19% for observing skills, 67.03% for measuring skills, 92.02% for communicating skills, 74.31% for predicting skills, 63.52% for classifying skills, and 70.14% for summarizing skills. The learning outcomes of students on pressure material by applying a process skills approach using a cooperative learning model, of the 24 students who took the test the results were 91.67% of students passed and 8.33% of students did not complete. Classically it is declared complete because it exceeds the classical completeness standard of ? 85%. 20 out of 23 TPK completed TPK consisting of 4 TPK in knowledge aspect (C1), 5 TPK in understanding aspect (C2), 10 TPK in application/application aspect (C3), and 1 TPK in analysis aspect (C4). Meanwhile, the 3 TPKs that were incomplete were 2 TPK in the analysis aspect (C4) and 1 TPK in the implementation/application aspect (C3). ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu penelitian yang digunakan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu, dalam ini bidang secara cermat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA pada semester 1 SMAN 1 Balai Riam tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 (dua) kelas dengan jumlah seluruh peserta didik sebanyak 45 peserta didik.  Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 1 kelas adalah kelas XI IPA-2 dengan jumlah peserta didik 24 orang. Keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran kooperatif rata-rata menunjukkan hasil yang baik pada setiap aspek keterampilan. Persentase pencapaian keterampilan proses peserta didik di kelas tersebut pada tiap aspek adalah 88,19% untuk keterampilan mengamati, 67,03% untuk keterampilan mengukur, 92,02% untuk keterampilan mengkomunikasikan, 74,31% untuk keterampilan memprediksi, 63,52% untuk keterampilan mengklasifikasikan, dan 70,14% untuk keterampilan menyimpulkan. Hasil belajar peserta didik pada materi tekanan dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses menggunakan model pembelajaran kooperatif, dari 24 peserta didik yang mengikuti tes hasilnya 91,67% peserta didik tuntas dan 8,33% peserta didik tidak tuntas. Secara klasikal dinyatakan tuntas karena melebihi standar ketuntasan klasikal sebesar ? 85%. TPK yang tuntas sebanyak 20 TPK dari 23 TPK yang terdiri dari 4 TPK aspek pengetahuan (C1), 5 TPK aspek pemahaman (C2), 10 TPK aspek penerapan/aplikasi (C3), dan 1 TPK aspek analisis (C4). Sedangkan 3 TPK yang tidak tuntas adalah 2 TPK aspek analisis (C4) dan 1 TPK aspek penerapan/aplikasi (C3).
PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL WEB GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF MURNIASIH MURNIASIH; LAILY NURLINA
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2208

Abstract

This study aims to describe the difficulties experienced by students in writing inspirational story texts. The research method in this study is descriptive qualitative with an emphasis on case study research. The data analysis technique used is descriptive analysis technique which is performed to assess the characteristics of a data using a procedure with an analysis model and the results of a written test conducted. The subjects of this research were students of class IX B at SMP Negeri 1 Rawalo. The difficulties experienced by students were caused by the lack of students practicing writing essays, difficulty determining topics to be raised, difficulties developing writing frameworks based on structural patterns, difficulties arranging events into plots, difficulties making conflicts from selected events, and when writing an essay students tend to experience difficulty in constructing effective sentences. In addition, because in the learning process which is still conventional, it does not utilize digital media. This proves that students' difficulties in writing inspirational story texts are caused by students' lack of mastery in terms of text structure and conventional learning. One of the right media in the process of making teaching materials is by utilizing Google Web digital media. Based on the results of the research that has been carried out in the research results table, it explains that Google Sites digital web media can be used as a medium or learning method in the classroom, especially in the 21st century and the technological industrial revolution, with the presence of Google Sites digital media, it is hoped that students will be more interested in participating in the learning process fun and interesting and on the side of students. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menulis teks cerita inspiratif. Metode  penelitian  dalam  penelitian  ini  yaitu  deskriptif  kualitatif dengan menitikberatkan pada penelitian studi kasus.   Teknis  analisis  data  yang  digunakan yaitu teknik analisis deskriptif yang dilakukan untuk menilai karakteristik dari sebuah data menggunakan prosedur dengan model analisis dan hasil tes tertulis yang dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B di SMP Negeri 1 Rawalo. Kesulitan yang dialami siswa disebabkan oleh kurangnya siswa berlatih menulis karangan, kesulitan menentukan topik yang akan diangkat, kesulitan mengembangkan kerangka tulisan berdasarkan pola struktur, kesulitan menyusun peristiwa menjadi alur, kesulitan membuat konflik dan dari peristiwa yang dipilih, dan ketika menulis suatu karangan siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat yang efektif. Selain itu juga karena dalam proses pembelajaran yang masih konvensional tidak memanfaatkan media digital. Hal ini membuktikan bahwa kesulitan siswa dalam menulis teks cerita inspiratif disebabkan oleh kurangnya penguasaan siswa dalam hal struktur teks dan pembelajaran yang masih konvensional. Salah satu  media yang tepat dalam proses pembuatan bahan ajar yaitu dengan memanfaatkan media digital Web Google. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada tabel hasil penelitian, menjelaskan bahwa media digital web Google Sites dapat digunakan sebagai media atau metode pembelajaran di dalam kelas terutama di abad 21 dan revolusi industri teknologi, dengan hadirnya media digital Google  Sites diharapkan siswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran yang menyenangkan dan menarik serta berpihak pada siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ZAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE ARIN HIDAYAH
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2209

Abstract

This research is based on the results of observations of researchers over the past 2 years in the learning activities of Islamic Religion and Moral Education in class VIII students at SMPN 1 Durenan Trenggalek. Researchers found that many students felt bored and bored when learning Islamic Religious Education and Moral Character because one of the factors was that teachers generally still taught conventionally, causing very low student learning outcomes. Starting from these various problems, researchers feel it is very important to conduct this research. The purpose of implementing this class action research is to find out the increase in learning outcomes on zakat material through the Think Pair and Share Type Cooperative learning model in class VIII-D Semester 1 Academic Year 2022/2023 at SMPN 1 Durenan Trenggalek. Researchers used a class action research method by applying an innovative learning model, namely the Think Pair and Share Type Cooperative learning model to improve student learning outcomes. The design of this study includes the stages of planning, action, observation and reflection. The results of this study indicate an increase in student learning outcomes, namely from the pre-cycle period the percentage of completeness still reached 26.67%, and in the first cycle it increased to 73.33% and in the implementation of the second cycle the learning mastery achieved an increase of 100%. Thus it can be concluded that the Cooperative learning model of the Think Pair and Share Type is able to improve the learning outcomes of Islamic Religious Education on zakat in class VIII-D students in semester 1 of the 2022/2023 academic year at SMPN 1 Durenan Trenggalek. ABSTRAKPenelitian ini didasarkan dari hasil pengamatan peneliti selama kurun waktu 2 tahun terakhir ini pada kegiatan pembelajaran Pendidikan Agaman Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Durenan Trenggalek. Peneliti menemukan banyak siswa yang merasa jenuh dan bosan pada waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikarenakan salah satu faktornya guru umumnya masih mengajar secara konvensional sehingga menyebabkan hasil belajar siswa sangat rendah. Berawal dari berbagai permasalahan tersebut, peneliti merasa sangat penting untuk melakukan penelitian ini. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi zakat melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share pada siswa kelas VIII-D Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 di SMPN 1 Durenan Trenggalek. Peneliti menggunakan metode penilitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini meliputi tahapan-tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari pada masa prasiklus persentase ketuntasan masih mencapai 26,67%, dan pada siklus I meningkat menjadi 73,33% dan pada pelaksanaan siklus II ketuntasan belajarnya mencapai peningkatan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat pada siswa kelas VIII-D semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 di SMPN 1 Durenan Trenggalek.
ANALISIS PENGARUH MUTU SEKOLAH DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN SISWA BERSEKOLAH DI MAN 14 JAKARTA ARIYANTO NUGROHO
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2239

Abstract

This study aims to determine the effect of school quality and school facilities on school selection decisions and their implications for student satisfaction at school in MAN 14 Jakarta. This study uses a quantitative explanatory method. This study will explain the relationship between the variables studied using the Structural Equation Model (SEM) method. In this study, the population was all students of MAN 14 Jakarta who were enrolled in the 2019/2020 school year consisting of class X, XI totaling 665 students. Then a sample of 250 respondents. From the research results, it can be concluded that the quality of schools has a positive and significant effect on the decision to choose a school. School facilities have a positive and significant effect on the decision to choose a school. School quality has a positive and significant effect on student satisfaction attending school in MAN 14. School facilities have no effect on student satisfaction attending school in MAN 14. The decision to choose has a positive and significant effect on student satisfaction attending school in MAN 14. The decision to choose plays a role as a partial mediating variable in the relationship between school quality and student satisfaction attending school in MAN 14. The decision to choose serves as a fully mediating variable in the relationship between school facilities and student satisfaction attending school in MAN 14. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu sekolah dan fasilitas sekolah terhadap keputusan pemilihan sekolah serta implikasinya terhadap kepuasan siswa bersekolah di MAN 14 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif kuantitatif. Pada penelitian ini akan dijelaskan hubungan antar variabel-variabel yang diteliti dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa MAN 14 Jakarta yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 terdiri dari kelas X, XI berjumlah 665 siswa. Lalu sampel sejumlah 250 responden. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan antara lain mutu sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah. Fasilitas sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah. Mutu sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa bersekolah di MAN 14. Fasilitas sekolah tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa bersekolah di MAN 14. Keputusan memilih berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa bersekolah di MAN 14. Keputusan memilih berperan sebagai variabel mediasi parsial pada hubungan antara mutu sekolah dan kepuasan siswa bersekolah di MAN 14. Keputusan memilih berperan sebagai variabel mediasi penuh pada hubungan antara fasilitas sekolah dan kepuasan siswa bersekolah di MAN 14.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA ERIKA SUSIANTI
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2240

Abstract

The research aims to determine the effect of learning motivation and parental attention on the understanding of chemical concepts. The research population was class X IPA students of SMAN 8 Kota Tangerang Selatan in the 2017/2018 academic year with a research sample of 60 students. The research method used is a survey method. There are three variables studied, namely the independent variable or independent variable, consisting of two variables, namely learning motivation and parental attention and the dependent variable or dependent variable, namely the understanding of chemical concepts. The process of collecting data with questionnaires and written tests. The results of the study show that (1) there is a significant influence of learning motivation on understanding chemical concepts. This is evidenced by the acquisition of Sig. 0.037 <0.05 and th = 2.134. (2) there is a significant influence of parental attention on the understanding of chemical concepts. This is evidenced by the acquisition of Sig. 0.002 <0.05 and th = 3.327. (3) there is a significant influence of learning motivation and parental attention together on the understanding of chemical concepts. This is evidenced by the acquisition of Sig. 0.000 < 0.05 and Fh = 11.292. ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep kimia. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN 8 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Ada tiga variabel yang diteliti yaitu variable bebas atau independen variable, terdiri atas dua variabel yakni motivasi belajar dan perhatian orang tua dan variabel terikat atau dependen variable yakni pemahaman konsep kimia. Proses pengumpulan data dengan angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep kimia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,037 < 0,05 dan th = 2,134. (2) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep kimia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,002 < 0,05 dan th = 3,327. (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep kimia. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 11,292.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 MALINAU CHRISTIANY MANSYUR PALLAWA
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2241

Abstract

This research is a Classroom Action Research (CAR) which aims to improve learning outcomes and learning activities of class XI IIS SMA Negeri 2 Malinau in the 2022/2023 academic year through the use of the school environment as a learning medium. This research was carried out collaboratively and participatively in two cycles. Data collection in this study was carried out using participant observation and written tests. Based on the results of the study it was concluded that the use of the school environment as a learning medium can improve student learning outcomes in the Geography subject, the subject matter of flora and fauna in Indonesia and the world. This is supported by research data which shows an increase in the percentage of written test completeness conducted at the second meeting in each cycle. During the pre-cycle, student completeness was only 38%, after the first cycle was carried out with the use of the school environment as a learning medium, the percentage of completeness of student learning outcomes was 69%, then in cycle II, the completeness of learning outcomes reached 88%. Utilizing the school environment as a learning medium can also increase the learning activities of class XI IIS students of SMA Negeri 2 Malinau in the 2022/2023 academic year. Student activities consist of curiosity, care for the environment and cooperation. In the first cycle of student learning activities, a final score of 62% was obtained, meaning that student learning activities were in good criteria. In cycle II the final score of student learning activities reached 88% so that it is in very good criteria. ABSTRAKPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Malinau Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi materi pokok flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 38%, setelah dilaksanakan siklus I dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 69% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan hasil belajar mencapai 88%. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Malinau Tahun Pelajaran 2022/2023. Aktivitas siswa terdiri dari rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan kerjasama. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 62%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 88% sehingga berada pada kriteria sangat baik.
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SMPIT HIDAYAH KLATEN STEELYANA INDRIA SARI; RAVI SUCI SAPUTRO
SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 3 No. 2 (2023)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/secondary.v3i2.2242

Abstract

This study was describe management implementation of The School Operational Assistance Fund (BOS) in SMPIT Hidayah Klaten. The data collection was done through observation, interview and documentation study. The data analysis used in this study were data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result show that 1) the planning, implementation, supervision, and reporting process of Dana BOS management in SMPIT Hidayah Klaten in 2020 has run well according to the technical guidelines of Permendikbu (Ministerial Regulation of Education and Culture) Number 8 of 2020, 2) the obstacles in managing Dana BOS in SMPIT Hidayah Klaten were the disbursement of funds was often delayed and there were also regulation changes in the School Operational Assistance Management. The efforts undergone to overcome the obstacles were done by the management team in SMPIT Hidayah Klaten who have to borrow loans from the corporate partner and related to the changes in the government regulations, the financial management team re-compile LPJ (the accountability report) according to the new Permendikbud technical instructions. ABSTRAKPenelitian ini deskriptif implementasi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah di SMPIT Hidayah Klaten. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, dan Pelaporan Pengelolaan Dana BOS di SMPIT Hidayah Klaten telah berjalan dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2020, 2) Kendala pengelolaan dana BOS di SMPIT Hidayah Klaten yaitu waktu pencairan dana sering mengalami keterlambatan dan juga terdapat perubahan peraturan pengelolaan dana BOS. Upaya mengatasi kendala dilakukan bon di tempat rekanan yang sudah diajak kerjasama dan terkait perubahan aturan pemerintah, tim pengelolaan keuangan dana BOS melakukan penyusunan laporan pertanggungjawaban (LPJ) ulang sesuai dengan petunjuk teknis Permendikbud yang baru.

Page 1 of 1 | Total Record : 10